1.           Dasar Hukum Pembentukan Dinas Pendidikan

Dasar hukum pembentukan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, dituangkan dalam Peraturan Daerah Nomor : 16 Tahun 2008 tentang : Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah dan Peraturan Bupati Sumenep Nomor : 28 Tahun 2008 tentang : Tugas dan Fungsi Dinas Daerah.

 2.          Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi sebagaimana yang dituangkan dalam Peraturan Bupati Sumenep Nomor : 28 Tahun 2008 Tentang Tugas dan Fungsi Dinas Daerah, Bidang Pendidikan Kabupaten Sumenep, sebagai berikut :


Bagian Pertama : Dinas Pendidikan

Pasal 2 :  

(1)   Dinas Pendidikan merupakan unsur pelaksana otonomi daerah bidang pendidikan yang dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

(2)   Dinas Pendidikan mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan kewenangan bidang pendidikan.

(3)   Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Dinas Pendidikan Menyelenggarakan fungsi :

a.   penyusunan program kerja dibidang pendidikan sebagai pedoman pelaksanaan tugas,

b.   pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan dasar yang terdiri dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Tingkat Dasar dan Ketenagaan TK/SD/SLB,

c.   pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan sekolah menengah yang terdiri dari Sekolah Menengah Tingkat Pertama, Sekolah Menengah Tingkat Atas dan Kejuruan serta ketenagaan SMTP, SMTA dan Kejuruan,

d.   pembinaan dan pelaksanaan pendidikan luar sekolah, pemuda dan olahraga serta seni dan budaya,

e.   Pelaksanaan pembinaan kurikulum, pengawasan pendidikan dasar, serta pengawasan pendidikan menengah dan kejuruan,

f.    pemberian pelayanan teknis dan adminstratif Unit Pelaksana Teknis Dinas,

g.   pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan dan fungsinya.

 

Didalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep secara struktural dibantu oleh   :

Pasal 3 :   

(1)   Dinas Pendidikan terdiri dari :

a.   Sekretariat

b.   Bidang Pendidikan Dasar

c.   Bidang Pendidikan Menengah

d.   Bidang Ketenagaan dan Kepengawasan

e.   Bidang Pendidikan Luar Sekolah

f.    Kelompok Jabatan Fungsional

g.   Unit Pelaksana Teknis.

(2)  Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggungjawb kepada Kepala Dinas Pendidikan.

(3)  Masing-masing Bidang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Pendidikan.


3.   Struktur Organisasi Dinas Pendidikan

Struktur Organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep

Kelompok Jabatan Fungsional dan Unit Pelaksana Teknis yang terdiri dari :

1).   UPT Pendidikan Kecamatan pada Dinas Pendidikan Kab. Sumenep

2).   UPT SMP pada Dinas Pendidikan Kab. Sumenep

3).   UPT SMA pada Dinas Pendidikan Kab. Sumenep

4).   UPT SMK pada Dinas Pendidikan Kab. Sumenep

5).   UPT SKB pada Dinas Pendidikan Kab. Sumenep

Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Daerah Nomor : 16 Tahun 2008 tentang : Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah


TUPOKSI

BIDANG PEMBINAAN KETENAGAAN

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUMENEP

(Berdasar Peraturan Bupati Sumenep No. 28 Tahun 2008)

 

Tugas :

Melaksanakan urusan ketenagaan dan kepengawasan pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.

 

Fungsi :

a.  Penyusunan dan pengkoordinasian program kerja pelaksanaan tugas ketenagaan dan kepengawasan;

b.  Penyelenggaraan dan pembinaan ketenagaan TK/SD/SLB, SLTP, SLTA, Sekolah Kejuruan, Administrasi dan Fungsional;

c.  Penyelenggaran dan kepengawasan dan pengendalian ketenagaan TK/SD/SLB, SLTP, SLTA Sekolah Kejuruan, Administrasi dan Fungsional;

d.  Penyelenggaraan evaluasi, serta pelaporan ketenagaan TK/SD/SLB, SLTP, SLTA, Sekolah Kejuruan, Administrasi dan Fungsional;

e.  Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

(1) Seksi KETENAGAAN dan KEPENGAWASAN TK/SD/SLB :

a.     Menyusun program kerja pelaksanaan tugas ketenagaan dan kepengawasan TK/SD/SLB

b.     Menyusun, menginventarisir kebutuhan dan menyiapkan rencana formasi, pengadaan dan penempatan tenaga educatif dan fungsional pada TK

c.     Menyiapkan pengusulan dan proses kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, tanda penghargaan, pengembangan karir tenaga edukatif dan fungsional pada TK

d.     Menyiapkan pengusulan, pemberhentian dan pension tenaga edukatif dan fungsional pada TK/SD/SLB

e.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Ketenagaan dan Kepengawasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

(2) Seksi KETENAGAAN dan KEPENGAWASAN SLTP, SLTA dan KEJURUAN

a.       Menyusun program kerja pelaksanaan tugas ketenagaan dan kepegawasan SLTP,SLTA, dan Kejuruan;

b.     Menyusun, menginventarisir kebutuhan dan menyiapkan rencana formasi, pengadaan dan penempatan tenaga edukatif dan fungsional pada TK;

c.       Menyiapkan pengusulan dan proses kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, tanda penghargaan, pengembangan karir tenaga edukatif dan fungsional pada SLTP, SLTA dan Kejuruan;

d.     Menyiapkan pengusulan, pemberhentian dan pension tenaga edukatif dan fungsional pada SLTP, SLTA dan Kejuruan;

e.       Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Ketenagaan dan Kepengawasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

(3) Seksi KETENAGAAN ADMINISTRASI dan FUNGSIONAL

a.     Menyusun program kerja pelaksanaan tugas ketenagaan administrasi dan fungsional;

b.     Menyiapkan pengusulan dan proses kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, tanda penghargaan, pengembangan karir tenaga administrasi SD/SLB/SLTP/SLTA dan fungsional;

c.     Menyiapkan pengusulan, pemberhentian dan pension tenaga administrasi SD/SLB/SLTP/SLTA dan fungsional;

d.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Ketenagaan dan Kepengawasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

                                    TUGAS POKOK DAN FUNGSI

                          SEKSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

                          DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUMENEP


1.   Menyusun program kerja pelaksanaan tugas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

2.   Menyusun sarana alternatif di Pendidikan Anak Usia Dini

3.   Menyusun rencana kegiatan pembinaan dan   pengembangan Pendidikan Anak Dini (PAUD)

4.   Menyusun petunjuk teknis penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

5.   Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

6.   Melaksanakan kerja sama dengan instansi pemerintah dan organisasi yang menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

7.   Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh Kepala Bidang Luar Sekolah sesuai dengan tugas dan fungsinya

Bidang A Pendidikan Dasar

1.   Bidang Pendidikan Dasar mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana pada TK/ SD/ SLB.

2.   Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pendidikan Dasar mempunyai fungsi :

a.   penyusunan dan pengkoordinasian program kerja pelaksanaan tugas pendidikan dasar;

b.   penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan TK/SD/SLB;

c.   penyusunan usulan pengadaan sarana, prasarana, dan pengadaan serta perbaikan gedung pendidikan TK/SD/ SLB;

d.   pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang pendidikan dasar;

e.   pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3.   Bidang Pendidikan Dasar, membawahi:

a.   Seksi Kurikulum TK/SD/SLB;

b.   Seksi Kesiswaan TK/SD/SLB;

c.   Seksi Sarana dan Prasarana TK/ SD/ SLB.

4.   Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Pendidikan Dasar.

a.   Seksi Kurikulum TK/SD/SLB mempunyai tugas :

1)   menyusun program kerja pelaksanaan tugas kurikulum TK/SD/SLB;

2)   menyusun petunjuk pelaksanaan wajib belajar, kurikulum, kalender pendidikan, evaluasi belajar Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar dan Sekolah Luar Biasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

3)   menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan kurikulum Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar dan Sekolah Luar Biasa;

4)   mempersiapkan dan mengevaluasi pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Dasar dan Sekolah Luar Biasa;

5)   meneliti dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dibuat oleh lembaga Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar serta Sekolah Luar Biasa;

6)   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

b.   Seksi Kesiswaan TK/SD/SLB mempunyai tugas:

1)   menyusun program kerja pelaksanaan tugas kesiswaan TK/SD/SLB;

2)   menyusun petunjuk pelaksanaan penerimaan siswa baru dan usaha kesehatan sekolah;

3)   melaksanakan pembinaan gugus sekolah dan akreditasi TK/SD/SLB;

4)   menyusun pedoman teknis partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan TK/SD/SLB;

5)   melaksanakan pembinaan lomba prestasi siswa;

6)   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.

c.   Seksi Sarana dan Prasarana TK/ SD/ SLB mempunyai tugas :

1)   menyusun program kerja pelaksanaan tugas sarana dan prasarana TK/SD/SLB;

2)   menyusun dan menginventarisir kebutuhan sarana dan Prasarana sekolah sesuai dengan standar pelayanan TK/SD/SLB;

3)   menyiapkan, memproses dan meneliti usulan pendirian, Penggabungan dan penutupan sekolah tingkat dasar;

3)   membina pengelolaan sarana sekolah TK/SD/SLB termasuk sekolah di daerah terpencil;

4)   mempersiapkan dan menyajikan data dan informasi sekolah TK/SD/SLB;

5)   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.

SESUAI DENGAN PERATURAN BUPATI SUMENEP NOMOR 28 TAHUN 2008, MAKA TUGAS DAN FUNGSI YANG ADA DI BIDANG PENDIDIKAN MENENGAH ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

Pasal 10

(1) Bidang Pendidikan Menengah mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana pada SLTP, SLTA dan Kejuruan.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pendidikan Menengah mempunyai fungsi :
a. penyusunan dan pengkoordinasian program kerja pelaksanaan tugas pendidikan menengah;
b. penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan SLTP, SLTA dan Sekolah Kejuruan;
c. penyusunan usulan pengadaan sarana, prasarana, dan pengadaan serta perbaikan gedung pendidikan SLTP, SLTA dan Sekolah Kejuruan;
d. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang pendidikan menengah;
e. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pasal 11

(1) Bidang Pendidikan Menengah, membawahi:
b. Seksi Kurikulum SLTP, SLTA dan Kejuruan;
c. Seksi Kesiswaan SLTP, SLTA dan Kejuruan;
d. Seksi Sarana dan Prasarana SLTP, SLTA dan Kejuruan.
(2) Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Pendidikan Menengah.

Pasal 12

(1) Seksi Kurikulum SLTP, SLTA dan Kejuruan mempunyai tugas :
a. menyusun program kerja pelaksanaan tugas kurikulum SLTP, SLTA dan kejuruan;
b. menyusun petunjuk pelaksanaan wajib belajar, kurikulum, kalender pendidikan, evaluasi belajar SLTP, SLTA dan Kejuruan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
c. menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan kurikulum SLTP, SLTA dan kejuruan;
d. mempersiapkan dan mengevaluasi pelaksanaan ujian nasional SLTP, SLTA dan kejuruan;
e. meneliti dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dibuat oleh lembaga SLTP, SLTA dan kejuruan;
f. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(2). Seksi Kesiswaan SLTP, SLTA dan Kejuruan mempunyai tugas:

a. menyusun program kerja pelaksanaan tugas kesiswaan SLTP, SLTA dan kejuruan;
b. menyusun petunjuk pelaksanaan penerimaan siswa baru dan usaha kesehatan sekolah;
c. melaksanakan pembinaan gugus sekolah dan akreditasi SLTP, SLTA dan kejuruan;
d. menyusun pedoman teknis partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan SLTP, SLTA dan kejuruan;
e. melaksanakan pembinaan lomba prestasi siswa;
f. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3). Seksi Sarana dan Prasarana SLTP, SLTA dan Kejuruan mempunyai tugas :
a. menyusun program kerja pelaksanaan tugas sarana dan prasarana SLTP, SLTA dan kejuruan;
b. menyusun dan menginventarisir kebutuhan sarana dan Prasarana sekolah sesuai dengan standar pelayanan SLTP, SLTA dan kejuruan;
c. menyiapkan, memproses dan meneliti usulan pendirian dan penutupan sekolah tingkat menengah;
d. membina pengelolaan sarana sekolah SLTP, SLTA dan kejuruan termasuk sekolah di daerah terpencil;
e. mempersiapkan dan menyajikan data dan informasi sekolah SLTP, SLTA dan kejuruan;
f. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Aplikasi Kami

6400
Trees Planted
36
Team Members
24
Office Locations
1000
Projects Completed